GeoMagazine

SAMBUTAN KEPALA BADAN GEOLOGI

 

Indonesia dikaruniai bumi yang sangat dinamis, yang membawa keberkahan untuk kehidupan. Namun dibalik keberkahan dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah, kondisi geologi Indonesia juga dapat menimbulkan segala bencana, bila penduduknya kurang memiliki kesiapsiagaan menghadapi bahaya yang menjadi pemicu bencana itu. Dinamika bumi beserta upaya mitigasi bencananya merupakan bidang kajian bagi para ahli geologi yang dapat dijadikan tulisan ilmiah populer yang tidak akan ada habisnya. Menulis dalam bahasa yang mudah dipahami oleh  masyarakat banyak inilah tantangan bagi para ahli geologi yang sudah terbiasa menulis karya tulis ilmiah.

Geomagz, Majalah Geologi Populer yang diterbitkan oleh Badan Geologi ini membawa misi untuk menyampaikan informasi kegeologian dalam bahasa populer, sehingga pesannya mudah dipahami olehkhalayak pembaca dari berbagai kalangan. Atas dasar itulah, Geomagz lahir.


Atas nama pimpinan Badan Geologi, kami menyambut baik terbitnya Geomagz yang idenya muncul pertengahan 2010. Saat itu disadari oleh para pengelola Warta Geologi, bahwa perlu adanya majalah yang memuat informasi geologi secara populer yang tidak dicampurkan dengan berita tentang kegiatan Badan Geologi. Sejak saat itu, konsep majalah geologi populer, yang akhirnya diberi nama Geomagz ini, dipersiapkan,
dan terbit perdana pada Maret 2011. Sedangkan untuk media komunikasi seputar kegiatan Badan Geologi dan kegiatan geologi lainnya telah pula dipersiapkan buletin khusus, “Berita Geologi”. Maka, sejak Triwulan I tahun 2011, penerbitan Warta Geologi resmi dihentikan, dan diganti dengan penerbitan Geomagz. Lahirnya Geomagz sebagai pengganti dari penerbitan majalah Warta Geologi yang telah terbit selama lima tahun sejak pertama kali Badan Geologi berdiri pada tahun 2006.

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pengelola Warta Geologi yang telah menerbitkan Warta Geologi secara konsisten hingga tahun 2010. Selain itu ucapan terimakasih kami sampaikan juga kepada para kontributor yang telah bersedia mengirimkan tulisan untuk dimuat di Warta Geologi.

Akhirnya kepada para pengelola Geomagz, kami ucapkan selamat bekerja. Semoga majalah baru ini bermanfaat, khususnya bagi kemajuan geologi di Indonesia.


R. Sukhyar

Title Filter     Display # 
# Article Title Author Hits
1 GeoMagz Volume 5 No. 3 Administrator 2659
2 GeoMagz Volume 5 No. 2 Administrator 3038
3 GeoMagz Volume 5 No. 1 Administrator 3881
4 GeoMagz Volume 4 No. 4 Administrator 3935
5 GeoMagz Volume 4 No. 3 Administrator 5510
6 GeoMagz Volume 4 No. 2 Administrator 4859
7 GeoMagz Volume 4 No. 1 Administrator 5999
8 GeoMagz Volume 3 No. 4 Administrator 6662
9 GeoMagz Volume 3 No. 3 Administrator 6416
10 GeoMagz Volume 3 No. 2 Administrator 6611
Page 1 of 2