Psg Berikan Kuliah Umum Pemetaan Geologi Di Universitas Gajah Mada

Akbar Cita dan Dian Novita jumat, (0/06/17) mewakili Pusat Survei Geologi (PSG), Badan Geologi memberikan Kuliah “Pemetaan Geologi” di Ruang Sidang 2.1 Kantor  Pusat Fakultas Teknik UGM. Kuliah tamu ini merupakan materi pembekalan bagi mahasiswa Departemen Teknik Geologi yang akan melakukan Kuliah Lapangan dan Pemetaan Geologi Mandiri. Pusat Survei Geologi sebagai walidata peta geologi menugaskan Akbar dan Dian untuk membantu kegiatan pemetaan geologi.
psgberikankuliahumumpemetaangeologi psgberikankuliahumumpemetaangeologi1
Kegiatan kuliah dibuka oleh Ferian Anggara dihadiri juga oleh staf akademik Departemen Teknik Geologi: Nugroho Imam Setiawan, Subagyo Pramumijoyo dan staf akademik lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 120 orang mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan di semester empat, dan akan melaksanakan Kuliah Lapangan mulai 4 Juli 2017 di Daerah Bayat dan Pemetaan Geologi Mandiri mulai 17 Juli 2017.
 
Materi kuliah yang diberikan oleh Akbar Cita meliputi produk -  produk peta yang dihasilkan oleh PSG beserta pemanfaatannya di sektor energi dan sumber daya mineral serta untuk menunjang pembangunan nasional lainnya. Hal lain yang juga disampaikan adalah mengenai pelayanan peta yang disediakan oleh PSG untuk publik dan dapat mendukung kegiatan akademik, khususnya bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan kuliah pemetaan geologi.  
Sementara itu, Materi yang disampaikan Dian Novita, S.T. meliputi gambaran umum tahapan pemetaan diantaranya: pemanfaatan metode penginderaan jauh, pengambilan data lapangan, pengukuran stratigrafi, pengukuran struktur, pengamatan morfologi, inventaris data dan dokumentasi hasil kegiatan lapangan. Pemateri juga berbagi pengalamannya saat melakukan pemetaan geologi untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai kondisi pekerjaaan di lapangan.
 
 
Setelah penyampaian materi kuliah, mahasiswa yang hadir sangat antusias berdiskusi mengenai standar pengambilan sampel di lapangan serta peran geologi dalam mendukung program nawacita di era pemerintahan saat ini. Diakhir acara perkuliahan Prof. Dr. Ir. Subagyo Pramumijoyo, menambahakan beberapa masukan untuk kegiatan pemetaan geologi sekaligus menutup acara.
psgberikankuliahumumpemetaangeologi2
Kegiatan kuliah tamu ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Badan Geologi kepada publik, khususnya perguruan tinggi yang memiliki kegiatan pemetaan geologi. Melalui kuliah tamu, Badan Geologi melalui PSG dapat mengkomunikasikan kegiatan yang telah dilakukan dan dapat dimanfaatkan oleh publik serta menerima masukan (feedback) untuk meningkatkan kualitas peta geologi yang telah ada. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut di masa mendatang serta dapat melibatkan lebih banyak stakeholder lainnya.
       
Sumber : Sonia Rijani PSG

 

<Berita Terkini>