Kunjungan Kerjasama Korean Society Of Volcanic Hazard Mitigation (ksvhm) Ke Badan Geologi

 Kunjungan Kerjasama

Korean Society Of Volcanic Hazard Mitigation (KSVHM) ke Badan Geologi

 

Latarbelakang kunjungan kerjasama KSVHM ini adalah dalam rangka pengembangan kegiatan riset yang dilakukan oleh gabungan institusi Volcanic Disaster Preparedness Center (VDPRC) dan Korean Society of Volcanic Hazard Mitigation (KSVHM). Kunjungan ke Badan Geologi dilakukan pada hari Senin-Selasa, 20-21 Februari 2017, di Ruang Rapat unit PVMBG lantai 2 Jl. Diponegoro No. 57 Bandung. VDPRC dan KSVHM merupakan institusi negara Korea yang dibangun masing-masing pada tahun 2012 dan 2015. Badan Geologi dan KSVHM memiliki banyak potensi riset yang memungkinkan untuk dipromosikan untuk merespon mitigasi bahaya gunungapi serta berbagi pengalaman antar negara.

Pihak Badan Geologi dalam rapat pembahasan kerjasama diwakili oleh Kepala Pusat PVMBG, Kasbani, Kepala Bidang, Gede, Kepala Bagian Umum SBG, Dedi Budiman, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Barat, Hendra Gunawan, Kepala Sub Bagian Humas dan Kerja Sama SBG, Johan Budi, Kasubag Kepegawaian, Sofie Yusmira dan Staf PVMBG. Pihak dari KSVHM diwakili oleh Waon-Ho Yi dari Universitas Kwangwon, Sun Hyo Yun dari Universitas Pusan, Sungsu Lee dari Universitas Chungbuk, Yong Keun Je, Deputy General Manager SDM Engineering, Jeong Ah Um dari Universitas Chungbuk, Seunghun Choi dari Universitas Kangwon. Eko Teguh Paripurno dan Yohana Noradika turut hadir mewakili UPN “Veteran” Yogyakarta.

Materi rapat kerjasama ini telah mendiskusikan dan mewujudkan kerjasama dalam pencegahan dan kesiapsiagaan penangulangan bencana gunungapi dan kebencanaan geologi pada umumnya dan pertukaran penelitian. Selain itu rapat kerjasama ini membahas tentang rencana umum riset, peta bahaya gunungapi untuk penerbangan, kerentanan pertanian akibat bahaya gunungapi, kesiapsiagaan bahaya gunungapi dengan simulasi proses pergerakan awanpanas dengan software Titan 2D dan lahar dengan software LaharZ, manajemen bencana gempabumi dan tsunami di Korea, pengantar VD. Pedia, diskusi kerjasama internasional serta pengembangan komunitas.

Pada pertemuan tersebut Sungsu Lee (juru bicara KSVHM) mempresentasikan tentang Riset “Volcanic Risk Assessment” di KSVHM dan menerangkan bahwa KSVHM adalah society para ekspert yang bekerja sebagai councelling pemerintah Korea Selatan dalam hal kebencanaan yang berminat untuk melakukan kerja sama dengan pihak PVMBG, Badan Geologi. Prof. Sung-Hyo Yun menyampaikan mempresentasikan Kesiapsiagaan dalam Mitigasi Bahaya Erupsi dengan Simulasi Titan2D dan Laharz_py dan Prof. Wan-Ho Yi mempresentasikan Manajemen Bencana Gempabumi dan Tsunami.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (Ka PVMBG) memberikan tanggapan dan informasi bahwa salah satu tugas PVMBG adalah pemantauan dan mitigasi bencana gunungapi dan geologi. Selain itu  Ka PVMBG menekankan bahwa yang menjadi fokus untuk kerja sama adalah yang menunjang tugas dan fungsi tersebut dan dilakukan sepanjang saling memberikan manfaat serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Permohonan ini perlu dikaji lebih lanjut  dan apabila kerja sama disetujui, Badan Geologi Korea Selatan (NDMI) bisa dijadikan alternatif untuk menjadi mitra kerja sama dengan Badan Geologi Indonesia. Keesokan harinya, para tamu melakukan kunjungan ekskursi kebencanaan geologi ke Gunung Tangkuban Parahu dan Patahan Lembang.

kunjungankerjasamakoreansocietyofvolcanichazardmitigationksvhmkebadangeologiKunjungan Kerjasama Korean Society of Volcanic Hazard Mitigation Ke Badan Geologi, di Ruang Rapat PVMBG lantai 2 Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, Senin (20/01/17)

kunjungankerjasamakoreansocietyofvolcanichazardmitigationksvhmkebadangeologi1 Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Barat, Hendra Gunawan menjelaskan tentang Gunungapi Tangkuban Parahu di KantorPengamat Gunungapi PVMBG, Badan Geologi, Selasa (21/02/17) 

kunjungankerjasamakoreansocietyofvolcanichazardmitigationksvhmkebadangeologi2 Peserta melakukan kunjungan lapangan ke KantorPengamat Gunungapi PVMBG Badan Geologi

 

Pengirim : Lilies Marie

Sumber   : Hendra Gunawan (PVMBG)

 

<kembali>