Menggagas Raperda Perubahan Atas Perda No. 8 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Air Tanah

 Menggagas Raperda Perubahan Atas Perda No. 8 Tahun 2011

Tentang Pengelolaan Air Tanah

 

DPRD Provinsi Jawa Tengah mengadakan seminar dengan tema Menggagas RAPERDA Perubahan atas PERDA No. 8 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Air Tanah yang diadakan di Tlogo Resort, Salatiga, Semarang, pada Senin tanggal 13 Februari 2017.

Latar belakang diadakannya seminar ini karena amanat yuridis terbitnya Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Sektor ESDM masih diamanatkan dalam Perundang-undangan di Bagian Institusi Pengelolaan Air Tanah Nasional dan saat ini terjadi kecenderungan pengambilan air tanah yang berlebihan, karena infrastruktur jaringan PDAM yang belum bisa memanfaatkan secara optimal sumber air permukaan yang cukup berlimpah, sehingga pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat belum terpenuhi secara merata. Selain itu,  perlu disusun regulasi, diantaranya berupa PERDA pengelolaan air tanah di Daerah Provinsi, yang saat ini terjadi perubahan pemegang kewenangan pengelolaan air tanah dari Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota kepada Pemerintah Provinsi.

Instansi pengelolaan air tanah terdiri dari tingkat pusat oleh Kementerian ESDM melalui Badan Geologi dan Pemerintah Provinsi. Berdasarkan dasar hukum: Undang-Undang No. 11 Tahun 1974 tentang Pengairan, Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, PP No. 121 Tahun 2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air dan Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Badan Geologi Kementerian ESDM telah menerbitkan PERMEN ESDM No. 2 Tahun 2017 tentang Cekungan Air Tanah di Indonesia dan sedang menyusun PERMEN ESDM tentang Nilai Perolehan Air Tanah dan Tata Cara Penetapan Zona Konservasi Air Tanah, serta Rekomendasi dan Perizinan Air Tanah. Bahan regulasi tersebut harus dijadikan acuan oleh Pemerintah Daerah dalam penyusunan Peraturan Daerah terkait pengelolaan air tanah. Saat ini seluruh provinsi di Indonesia sedang menyusun Perda air tanah dan berkoordinasi dengan Kementerian ESDM melalui Badan Geologi.

menggagasraperdaperubahanatasperdano8tahun2011tentangpengelolaanairtanahPara Narasumber  pada Acara Seminar Menggagas RAPERDA Perubahan atas PERDA No. 8 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Air Tanah di Tlogo Resort, Salatiga, Semarang, Senin (13/02/17)

menggagasraperdaperubahanatasperdano8tahun2011tentangpengelolaanairtanah1 Kepala Pusat Air Tanah Geologi Tata Lingkungan, Rudy Suhendar menyampaikan Regulasi Bidang Air Tanah Pasca Putusan MK No. 85/PUU-XI/2013 dan berlakunya UU No. 23 Tahun 2014

menggagasraperdaperubahanatasperdano8tahun2011tentangpengelolaanairtanah2Peserta Acara Seminar Menggagas RAPERDA Perubahan atas PERDA No. 8 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Air Tanah

 

 

Pengirim : Lilies Marie

Sumber   : Wahyudin (PAGTL)

 

 

<kembali>