Rekam Kinerja Harian Di Lingkungan Badan Geologi

Rekam Kinerja Harian di Lingkungan Badan Geologi

 

Rekam Kinerja Harian (RKH) di lingkungan Badan Geologi diselenggarakan pada Kamis, 12 Januari 2017 di Auditorium Geologi Jl Diponegoro No 57 Bandung. Narasumber dalam acara ini adalah La Ode Tarfin Jaya, Kepala Bagian Kinerja dan Informasi, Biro Sumber Daya Manusia KESDM dan Amelinda, Kepala Sub Bagian Kinerja dan Informasi, Biro Sumber Daya Manusia KESDM. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sub Bagian Administrasi Kepegawaian Badan Geologi, Titin Fatimah dan dihadiri oleh perwakilan dari setiap unit-unit di lingkungan Badan Geologi.

Titin Fatimah menerangkan dalam sambutannya bahwa jumlah pegawai di lingkungan Badan Geologi per 12 Januari sampai saat ini berjumlah 1210 PNS yang terdiri dari 164 PNS golongan IV, 809 PNS golongan III, 229 PNS golongan II dan 8 PNS golongan I serta  tujuan acara ini adalah untuk menindaklanjuti penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) tahun 2017 ke dalam Sistem Aplikasi Rekam Kinerja Harian (RKH) Kementerian ESDM, yang berdasarkan ketentuan pasal 5 PP No 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menyatakan bahwa setiap PNS wajib menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan Rencana Kerja Tahunan Instansi. Selain itu, pada pasal 7 menyebutkan bahwa SKP yang telah disetujui dan ditetapkan menjadi dasar penilaian bagi pejabat penilai.

Materi kegiatan Sistem Aplikasi Rekam Kinerja Harian oleh La Ode Tarfin Jaya, Kepala Bagian Kinerja dan Informasi, Biro Sumber Daya Manusia KESDM terdiri dari :

  1. Alur penilaian kinerja
  2. Cascading penilaian kinerja
  3. Posisi rekam kinerja harian terhadap capaian organisasi
  4. Alur sistem kinerja harian
  5. Alur sistem monitoring kinerja harian
  6. Gambaran sistem kinerja harian pegawai KESDM
  7. Alur kinerja harian pegawai KESDM yang diinginkan

Enam Langkah mudah mengisi Rekam Kinerja Harian (RKH) yaitu dengan terlebih dahulu masuk ke sistem RKH. Kemudian edit profile. Setelah itu, input SKP tahunan, breakdown target tahunan ke bulanan, laporkan kegiatan harian dan pantau capaian kinerja. Dasar perhitungan tunjangan kinerja terbagi menjadi 60% dari hasil kinerja, 20% kehadiran dan 20% perilaku. Hal tersebut dilakukan untuk :

  1. Menjamin aspek keadilan (fairness) di dalam pembayaran tunjangan kinerja bulanan bagi setiap pegawai
  2. Menjadi salah satu input/tool yang powerful dalam melakukan analisis beban kerja
  3. Sebagai salah satu bahan utama dalam baperjakat
  4. 4. Menjadi rekaman kinerja pegawai realtime
  5. Melahirkan kreativitas pegawai terhadap kinerja (performance based on creativity, not based on command)
  6. Input utama dalam penentuan penilaian SKP

Setelah pemaparan materi, para peserta melakukan pelatihan pengisian RKH melalui situs web didampingi oleh Pengelola Kepegawaian Biro Sumber Daya Manusia, tanya jawab, diskusi dan evaluasi.

rekamkinerjahariandilingkunganbadangeologiPembukaan Acara Rekam Kinerja Harian (RKH) oleh Titin Fatimah di lingkungan Badan Geologi diselenggarakan pada Kamis, 12 Januari 2017 di Auditorium Geologi Jl Diponegoro No 57 Bandung.

rekamkinerjahariandilingkunganbadangeologi1Peserta acara Rekam Kinerja Harian (RKH) di lingkungan Badan Geologi.

Pengirim : Lilies Marie

 

 

<kembali>